MEMAHAMI DENGAN OUTING CLASS
Outing Class merupakan salah satu program pembelajaran yg bertujuan memberikan keterampilan dan keahlian dasar tertentu sebagai sarana menumbuhkan kreativitas siswa. Selain itu outing class merupakan metode belajar yg menyenangkan, mengajarkan kepada siswa untuk lebih dekat dengan alam dan lingkungan sekitar. Siswa diharapkan dapat arif dalam memperlakukan alam sekitar beserta sosio kulturalnya. Outing class dapat di terapkan disemua mata pelajaran,.Selama proses pembelajaran outing class, guru dan siswa lebih dapat membangun ‘kedekatan’, lebih fresh dan tentunya menyenangkan. Materi yang diajarkan juga tetap fokus tujuan dan hasilnya sangat baik. Dengan setiap hari belajar di dalam ruang kelas selama bertahun-tahun sudah biasa, maka tidak ada salahnya kita memberikan sesuatu yang beda pada proses belajar dan pembelajaran yang patut dicoba.
BELAJAR merupakan kewajiban bagi peserta didik. Namun kata belajar bagi peserta didik, kadang menjadi kata yang menakutkan. Hal ini dapat terlihat dari antusiasme dalam mengikuti pembelajaran masih rendah. Bahkan, daya kreatif, inovatif serta empati peserta didik terhadap lingkungan juga masih rendah. Bahkan, ketrampilan peserta didik dalam memecahkan suatu masalah juga masih sangat kurang. Hal tersebut mencerminkan bahwa motivasi belajar peserta didik benar-benar sangat rendah.
BELAJAR merupakan kewajiban bagi peserta didik. Namun kata belajar bagi peserta didik, kadang menjadi kata yang menakutkan. Hal ini dapat terlihat dari antusiasme dalam mengikuti pembelajaran masih rendah. Bahkan, daya kreatif, inovatif serta empati peserta didik terhadap lingkungan juga masih rendah. Bahkan, ketrampilan peserta didik dalam memecahkan suatu masalah juga masih sangat kurang. Hal tersebut mencerminkan bahwa motivasi belajar peserta didik benar-benar sangat rendah.
Motivasi belajar dapat menyadarkan peserta didik saat awal belajar sampai pada hasil akhir, menginformasikan pentingnya usaha belajar daripada bermain, mengarahkan pada semua kegiatan belajar, meningkatkan semangat belajarnya, menyadarkan adanya suatu perjalanan belajar yang kemudian untuk bekerja. Apabila motivasi dilakukan dengan kesadaran sendiri, maka tugas belajar bisa terselesaikan dengan lebih baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik adalah internal peserta didik dan eksternal peserta didik. Faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik adalah guru dan lingkungan sekolah.
No comments:
Post a Comment